Berkunjung ke Air Terjun Tirai di Pekon Datar Lebuay Tanggamus

  • Bagikan
Curup Tirai

Rumahkolaborasi.or.id — Air terjun Tirai, berada di Pekon Datar Lebuay, Kecamatan Air Naningan, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung, secara administratif masuk dalam KPHL (Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung) Batu Tegi.

Jarak tempuh dari pasar Air Naningan kurang lebih 30 Km menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat , atau bisa menggunakan jasa ojek yang telah disediakan oleh kelompok sadar wisata Jaya Lestari, selaku pengelola kawasan wisata tersebut.

Kondisi jalan sangat bervareasi, mulai dari jalan aspal dan tanah. Jika musim hujan, pengunjung harus ekstra hati-hati, karena kondisi jalan cukup licin.

Berjarak 500 meter dengan berjalan kaki dari pintu gerbang selamat datang hingga lokasi air terjun Tirai. Jalannya juga tidak begitu sulit, cenderung datar.

selain air terjun Tirai, masih ada beberapa air terjun lagi yang berdekatan seperti: air terjun Bujang, Batu Salak, air terjun Landai, serta air terjun Perawan.

Menurut saya yang paling menarik dari lokasi wisata alam ini adalah tumbuhan bunga bangkai (Amorphophallus titanum), atau masyarakat lokal biasanya menyebut suweg raksasa.
Tanaman unik ini salah satu jenis tanaman endemik Sumatera. Dapat tumbuh hingga tiga meter, dan jenis tumbuhan ini sulit ditemui. Tersebar terutama di daerah Bengkulu dan Lampung serta masuk dalam kategori rentan (vulnerable) dalam daftar merah IUCN. siklus hidupnya hanya 3-4 tahun, yang bergantian antara fase daun (vegetatif) dan bunga (generatif). Itu juga diselingi fase dormansi umbi atau buah, jika terjadi penyerbukan dan pembuahan.

Menurut pengelola wisata bunga bangkai ini akan mekar perkiraan tiga hari lagi (28 November 2019). Perlu diketahui juga tanaman ini hanya mekar dalam waktu 3-4 hari saja. Penasaran dengan bunga ini… buruan ke lokasi wisata alam air terjun Tirai…..

Supriyanto

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: