Kabar Duka: Pak Warsito, Koordinator RuKo, Wafat

0
164
Pak Warsito

RUMAHKOLABORASI.OR.ID — Innalillahi wa inaillaihi roji’un. Orang tua kita bersama, Koordinator Rumah Kolaborasi (RuKo) yang juga mantan Kepala Dinas Kehutanan Lampung, Pak Warsito, meninggal dunia, Jumat pagi, 18 Juni 2021.

Kabar meninggalnya Pak Warsito bukan hanya menyisakan duka bagi keluarganya dan keluarga besar RuKo, tetapi juga menjadi duka mendalam bagi para aktivis di Lampung.

Selama puluhan tahun Pak Warsito sangat dekat dengan para aktivis lingkungan dan petani di Lampung sejak menjabat sebagai Kepala Dinas Perkebunan Lampung Barat pada awal dekade 2000-an.

Pak Warsito mau bersusah payah bekerja untuk kelestarian lingkungan dan kesejahteraan para petani, meskipun beliau sudah pensiun.

Bagi kami di RuKo dan bagi kawan-kawan aktivis lingkungan maupun petani, Pak Warsito  tidak hanya dikenal sebagai senior. Beliau juga kami anggap sebagai bapak, guru, dan sahabat yang baik bagi para aktivis lingkungan dan petani, khususnya petani di Lampung Barat.

Berkat kerja kerasnya, para petani di sekitar hutan di Lampung Barat bisa memiliki hak mengelola hutan dalam program Hutan Kemayarakatan (HKM).

Pak Warsito adalah salah seorangt perintis pemberian hak kelola hutan bagi para petani di sekitar hutan di Lampung. Hal itu diawali saat Pak Warsito menjabat sebagai Kadis Kehutanan di Lampung Barat.

Melalui program Hutan Kemasyarakatan (HKM) yang dirintisnya di Lampung Barat, Pak Warsito dikenang oleh para petani sebagai ‘penyelamat’. HKM yang kemudian menjadi Perhutanan Sosial kini tidak hanya dikembangkan di Lampung, tetapi di banyak tempat di Indonesia.

Pak Warsito layak dijadikan teladan bagi banyak kalangan. Meskipun sudah pensiun,  Warsito masih mau bersusah payah membina para aktivis lingkungan yang jauh lebih muda usianya dan mendampingi para petani.

Lewat Rumah Kolaborasi (RuKo) yang didirikannya bersama para aktivis dan jurnalis, Warsito melakukan pengabdian untuk para petani di Lampung. Ia juga masih sering turun ke lapangan, masuk-keluar hutan, untuk menjalankan program RuKo.

Pada 2019 lalu, Pak  Warsito mendapatkan penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) karena dedikasinya dalam mengawal program Perhutanan Sosial di Lampung.

Selain aktif di RuKo sejak beberapa tahun terakhir, Warsito juga tercatat sebagai Ketua Kelompok Kerja Percepatan Perhutanan Sosial (Pokja PPS) Provinsi Lampung.

Selamat jalan Pak Warsito…..

TIDAK ADA KOMENTAR