Mengintip Kemolekan Wana Wisata Tanjung Harapan di Tanggamus

0
477

Oleh: Tuti Sulistiyowati

Wana Wisata Tanjung Harapan terletak di perairan Waduk Batutegi, di Kabupaten Tanggamus, Lampung. Jaraknya dari Kota Bandarlampung kurang lebih 80. Kawasan wisata ini termasuk wilayah kerja UPTD KPH Batutegi Dinas Kehutanan Provinsi Lampung.

Tanjung Harapan merupakan salah satu alternatif pilihan objek wisata untuk melepas kepenatan bagi warga perkotaan. Dengan tarif masuk yang terjangkau Rp 5.000,-/ orang kita sudah dapat menikmati suasana yang asri, karena lokasi nya yang jauh dari kebisingan dan polusi udara wana wisata tanjung harapan akan memberi kenyamanan dan ketenangan bagi pengunjung.

Lokasi Wana Wisata Tanjung Harapan dapat ditempuh dengan kendaraan mobil atau motor. Sebelum sampai di dermaga pengunjung di kenai tarif portal Rp 5.000 per kendaraan. Kendaraan dapat di parkirkan di dermaga batutegi dengan biaya parkir Rp. 10.000/ per kendaraan.

Perjalanan dilanjutkan dengan menyebarangi bendungan menggunakan kapal motor untuk bisa sampai di titik lokasi Wana Wisata Tanjung Harapan. Biaya yang kita butuhkan untuk dapat menyeberangi bendungan Rp 150.000 / kapal dengan kapsitas 5 – 7 orang dewasa.

Perjalanan menyeberangi bendungan selama 30 menit dipastikan tidak akan membosankan. Sebab, sepanjang mata memandang akan terhampar pemandangan alam yang indah. Selain bisa melihat pulau pulau kecil, pengunjung juga menikmati keindahan bukit hijau yang menjadi sabuk Waduk Batu Tegi.Perbukitan itu termasuk kawasan hutan lindung ( Register 22 dan Register 39 ).

Setiba di Wana Wisata Tanjung Harapan, pengunjung akan disambut dengan pemandangan yang elok dan aneka prasarana. Antara lain flaying fox, trampolin, menara pengawas, camping ground. Ada juga sarana ibadah, MCK, dan saung untuk ruang pertemuan. Yang tak kalah menarik, tersedia juga shelter maupun tenda bagi wisatawan yang ingin menikmati nuansa malam dan merasakan sensasi tidur di alam terbuka dengan suasana khas hutan.

Menurut ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Tanjung Harapan yang mengelola tempat wisata ini, Miryawan, total biaya yang dibutuhkan untuk bisa berkunjung dan menikmati keindahan alam Wana dan wahana bermain Wisata Tanjung Harapan berkisar Rp 75.000 per orang jika tanpa menginap.

Itu dengan perhitungan dalam satu rombongan ada 5-7 orang. Perinciannya: biaya penyeberangan Rp 150.000 per kapal (memuat 5 – 7 orang). Dengan biaya sebesar itu, pengunjung bisa menikmati sarana bermain.

Jika menginap harganya akan lain lagi. Jika menginap, pengunjung hanya ditarik biaya bermalam Rp 180.000/orang/ malam. Dengan ongkos sebesar itu, pengunjung bebas menikmati semua fasilitas dan wahana bermain dengan tambahan fasilitas makan malam dan sarapan.

“Kami sedang mencoba merintis jalur perjalan darat (jalan kaki atau dengan sepeda motor) melewati perbukitan untuk menuju lokasi Tanjung Harapan. Jalur ini diharapkan dapat menambah daya tarik wisata bagi pengunjung yang menggemari olahraga yang memacu adrenalin,” katanya.

 

TIDAK ADA KOMENTAR