Pesona Wana Wisata Tanjung Harapan di Waduk Batutegi, Tanggamus, Lampung

0
760
Wana Wisata Tanjung Harapan Batutegi, Lampung
Wana Wisata Tanjung Harapan di Batutegi, Kabupaten Tanggamus, Lampung.

Bila Anda jenuh dengan suasana perkotaan yang hiruk pikuk dan bising serta penuh dengan kemacetan serta ancaman polusi udara di sekitarnya, silakan memilih alternatif berkunjung ke Wana Wisata Tanjung Harapan, salah satu kawasan wisata alam yang dikelola masyarakat dan dapat memberikan kesejukan suasana alam dengan lingkungan sekitarnya jauh dari kebisingan dan polusi udara maupun suara.

Tanaman bunga yang ditanam di areal Wana Wisata Tanjung Harapan
Tanaman bunga yang ditanam di areal Wana Wisata Tanjung Harapan

Wana Wisata Tanjung Harapan ini belum lama dikembangkan oleh warga setempat, didukung pemerintah melalui KPHL Batutegi, berada di Pekon Batutegi, Kecamatan Air Naningan, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung. Objek wisata ini berada dalam kawasan areal Waduk Batutegi, salah satu waduk sumber energi listrik dan penyuplai air irigasi serta air bersih sekaligus menjadi objek wisata alam berbasiskan masyarakat.

Fasilitas bagi pengunjung di Wana Wisata Tanjung Harapan
Fasilitas bagi pengunjung di Wana Wisata Tanjung Harapan

Ketersediaan air di waduk ini sangat bergantung pada terpelihara ekosistem lingkungan kawasan penyangga di hulu sekitarnya, termasuk dalam tangkapan air Batutegi dalam pengelolaan Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindungan (KPHL) Batutegi.

Pengunjung yang hendak menuju objek Wana Wisata Tanjung Harapan, sesampai di sini bisa turun dari kendaraan bermotor yang digunakan melalui dermaga Batutegi. Memarkirkan kendaraan di tempat penitipan/parkir yang aman. Kemudian naik perahu motor yang telah dipesan sebelumnya (pesan secara paket).

Tempat bersantai dan ngobrol di Wana Wisata Tanjung Harapan
Tempat bersantai dan ngobrol di Wana Wisata Tanjung Harapan

Wana wisata itu dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Tanjung Harapan. Kawasan wisata alam ini dikembangkan sejak tahun 2018, saat dimulainya pembangunan sarana dan fasilitas pendukung kawasan wisata alam ini. Pada Desember 2019, wana wisata ini diresmikan, dan disusul pembentukan Pokdarwis Tanjung Harapan.

SuBerperahu di sekitar Wana Wisata Tanjung Harapan
Berperahu di sekitar Wana Wisata Tanjung Harapan

Ketua Pokdarwis Tanjung Harapan Meriawan menjelaskan rincian komponen biaya yang diperlukan untuk menikmati keindahan wisata alam ini, yaitu biaya perahu ke objek wisata ini sebesar Rp25.000 per orang pulang pergi. Kapasitas perahu sedikitnya 6-7 orang penumpangnya.

Nikmati pemandangan sekitar Waduk Batutegi
Nikmati pemandangan sekitar Waduk Batutegi

Lalu, biaya tiket masuk per orang dikenai Rp5.000, biaya parkir Rp10.000 semalam, dan jasa portal Rp5.000 per orang. Bila ingin sewa shelter Rp50.000 per malam, plus makan, kopi dan makanan ringan (snack) untuk sekali makan per orang Rp35.000.

Fasilitas pertemuan di ruang terbuka di Wana Wisata Tanjung Harapan
Fasilitas pertemuan di ruang terbuka di Wana Wisata Tanjung Harapan

Beragam fasilitas dan wahana bermain tersedia di objek wisata ini, di antaranya flying fox dengan biaya Rp25.000 per orang, canopy trail Rp2.500 per orang, trampolin Rp20.000 per orang selama 5 menit. Total biaya semuanya sebesar Rp177.500 per orang.

“Bila dihitung sekaligus paketan rombongan, kami beri potongan harga Rp7.500 per orang, sehingga hanya perlu membayar Rp170.000 per orang sudah dapat menikmati semua fasilitas tersedia,” kata Meriawan lagi.

TIDAK ADA KOMENTAR