RUKO Hadiri Pertemuan dengan Wagub Lampung Chusnunia Chalim

  • Bagikan
pertemuan wagub
Pertemuan dengan Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim (Nunik), di ruang rapat wagub Lampung, di Bandarlampung, Selasa (22/9).

Pengurus Rumah Kolaborasi (RUKO) mengikuti pertemuan dengan Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim (Nunik), di ruang rapat wagub Lampung, di Bandarlampung, Selasa (22/9).

Pengurus RUKO Zulfaldi yang mengikuti pertemuan dengan Wagub Nunik itu, menjelaskan agenda pertemuan adalah membahas salah satu janji kerja Gubernur-Wagub Lampung yaitu misi ke-32 “Mengelola Lingkungan Hidup untuk Kesejahteraan Rakyat”.

Wagub Nunik kepada peserta pertemuan, menjelaskan kembali uraian Agenda Kerja Utama Gubernur Arinal Djunaidi dan Wagub Chusnunia Chalim (periode jabatan 2019-2024), yaitu pengelolaan hutan dengan upaya keterlibatan masyarakat sekitar hutan.

Salah satu aktivitasnya adalah bagaimana konflik gajah di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) dan lansekap BBS dengan masyarakat sekitar hutan bisa menjadi potensi yang baik melibatkan masyarakat sekitar untuk menanggulanginya.

Potensi tersebut adalah dengan mengembangkan ekowisata (wisata) berbasis masyarakat. Harapannya ekowisata yang dikembangkan bisa juga menjadi lokomotif pemasaran produk-produk hasil hutan bukan kayu (HHBK) dan kuliner dari masyarakat sekitar hutan.

Selain RUKO, Pertemuan itu dihadiri oleh Plt Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Lampung Ir Yanyan Ruchyansyah MSi, pejabat bidang konservasi Dinas Kehutanan, Balai Besar TNBBS, Balai Taman Nasional Way Kambas (TNWK), dan Wildflife Conservation Society (WCS) Indonesia Program.

Pertemuan secara terbatas itu, dengan tetap mengikuti ketentuan protokol kesehatan untuk pencegahan COVID-19.

Dalam pertemuan itu, RUKO juga menjelaskan program yang dilaksanakan di sejumlah lokasi dampingan masyarakat sekitar hutan di Lampung, bekerjasama dengan sejumlah pihak, seperti Rainforest Alliance (RA) dan WWF Indonesia, serta para pihak lainnya.

pertemuan wagub
Pertemuan dengan Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim (Nunik), di ruang rapat wagub Lampung, di Bandarlampung, Selasa (22/9), diikuti pula pengurus RUKO.
  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: